Selasa, 28 Maret 2017

Flowchart kunci otomatis dengan RFID dan keypad


 Blok Diagram Rangkaian
Blok diagram rangkaian kunci elektronik dengan RFID merupakan salah satu bagian terpenting dalam perancangan suatu alat, kerena dari blok diagram rangkaian inilah dapat diketahui cara kerja rangkaian keseluruhan. Sehingga keseluruhan blok diagram rangkaian tersebut akan menghasilkan suatu sistem yang dapat difungsikan atau dapat bekerja  sesuai dengan perancangan. Adapun diagram blok rangkaian dari kunci elektronik dengan RFIDdapat dilihat pada Gambar 1.1.


Blok

Blok




Gambar 1.1 Blok Diagram Rangkaian

            Dari blok diagram di atas dapat diketahui bahwa konfigurasi sistem dari robot ini terdiri dari input, kontroler dan output. Dari sisi masukan (input) terdiri dari keypad dan RFID reader, kontroler yang digunakan adalah mikrokontroler dari jenis atau keluarga MCS-51 yaitu AT89s52, sedangkan dari sisi keluaran (output) terdapat driver relay untuk membuka kunci dan tampilan menggunakan LCD 16×2

1.3.1 Diagram Alir Program kunci elektronik dengan RFID
   Dalam mengoperasikan sebuah mikrokontroler diperlukan sederetan instruksi-instruksi pemrograman yang harus di-download kedalamnya. Sebelum membuat program Kunci elektronik dengan RFID ada baiknya membuat terlebih dahulu diagram alir (yang seterusnya disebut flowchart) sebagai langkah awal dari program yang akan dibuat. Dengan flowchart, dapat dipahami bagaimana cara kerja dari program yang akan dibuat dan akan memudahkan dalam melakukan pembuatan program dari suatu alat (device) yang dirancang.  Adapun flowchart dari program Kunci elektronik dengan RFIDdapat dilihat pada gambar 1
.2.
flowchart

                      

Gambar 1.2 Flowchart Program  Kunci elektronik dengan RFID

Prinsip dasar alat ini adalah sebagai pengendali akses pada pintu secara elektronik dengan dua tingkat keamanan dengan menggunakan RFID sebagai  pengamanan pertama dan kode input keypad sebagai pengaman kedua.
Dari flowchart tersebut dapat dijelaskan bahwa langkah alat ini adalah mendeteksi adanya kartu RFID jika ada maka baca kode ID pada kartu jika terdaftar maka aktifkan keypad untuk mengambil kode yang diinputkan secara manual,jika benar maka kunci akn terbuka. Jika kode kedua salah maka kunci akan tetap tertutup dan meminta kode kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar